Jalan-Jalan ke Medan? Begini Cara Memilih Durian Medan yang Enak



Banyak orang mengatakan kalau buah durian adalah raja dari segala buah. Namun tidak sedikit pula yang benci setengah mati dengan buah berduri ini. Meskipun durian mempunyai hubungan benci dan cinta dengan banyak orang, memang tidak dipungkiri bila daging buah durian sangat lezat. 

Salah satu kota pusat penghasil durian adalah Medan. Di kota ini durian mudah ditemukan terlebih bila sudah datang musimnya. Bahkan oleh masyarakat buah durian Medan ini sudah dikembangkan menjadi kuliner seperti pancake durian dengan rasa yang tidak kalah lezat dengan buahnya asli. Kalau kamu sedang berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk mencicipi durian asli Medan . Ketika membeli durian Medan, beginilah beberapa cara memilih durian yang bagus. 




Perhatikan kulit durian

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih daging durian Medan adalah kulit buah. Durian yang bagus dan tua biasanya mempunyai duri yang besar dan jarang. Durian dengan duri yang seperti ini buahnya padat dan rasanya lezat. Namun bila duri durian kecil, tipis, dan rapat, durian tersebut tidak terlalu lezat dan kurang padat.

Pukul durian

Kamu pasti sudah sering lihat penjual durian yang memukul-mukul buah dudrian. Tujuan memukul buah durian adalah untuk mengetahui tingkat kematangan dari buah tersebut. Durian yang mengeluarkan bunyi Buk-Buk, seperti memukul bantal, ketika dipukul dengan pisau menandakan kalau durian tersebut sudah matang. Namun kalau durian tersebut mengeluarkan bunyi nyaring plak-plak, bisa jadi buah tersebut belum masak namun sudah  dipetik. 

Pilih yang sedikit ringan

Memang tidak ada yang menjual durian berdasarkan berat per-kilo. Namun tidak ada salahnya kalau kamu mengira-ngira berat buah durian sebelum membeli. Ternyata durian yang ringan atau berat durian sesuai dengan besarnya, merupakan tanda kalau buah tersebut tidak mengandung banyak air. Artinya buah durian yang dipilih sudah masak dan rasanya masih legit seperti yang diharapkan. Namun bila buah durian tersebut berat atau setidaknya berat buah tidak sesuai dengan besar buah, bisa dipastikan bila buah tesebut mengandung banyak air dan masih mengkal. 

Pilih yang bulat

Bentuk buah durian memang tidak terlalu banyak variasi, hanya bulat dan lonjong. Tapi diantara durian bulat dan lonjong, manakah yang mempunyai isi paling banyak? Bila memilih durian pastikan bila anda memilih buah yang bulat karena mempunyai isi yang padat dan banyak. Durian dengan bentuk lonjong biasanya mempunyai isi yang sedikit disetiap ruas dan juga isinya tidak terlalu besar. Selain itu, pilih durian yang tidak mempunyai cacat atau bopeng. Durian yang ada bopeng atau bentuknya tidak simetris juga mempengaruhi isi didalamnya.

Cium bau durian

Hampir semua orang melakukan hal ini bila membeli buah durian. Memang mencium bau durian memang salah satu cara untuk mengetahui bila durian tersebut sudah masak atau belum. Bau durian yang tajam menandakan bila durian tersebut matang dan manis. 

Pilih yang beruas lima

Setiap buah durian mempunyai ruas yang berbeda yang berisi daging dan beton durian. Ruas garis ini bisa dilihat dengan mudah dari atas permukaan hingga ke bagian bawah. Ruas ideal buah durian adalah lima yang menandakan bila buah tersebut mempunyai isi yang padat dan banyak daripada buah dengan ruas 6. 

Banyak orang yang menganggap memilih buah durian ribet, kamu bisa juga loh membeli pancake durian Medan sebagai oleh-oleh yang lezat dan praktis tapi sama lezatnya dengan durian asli. 

Demikian artikel kami tentang Cara memilih durian medan yang enak dan mantap ini. Semoga bermanfaat. 

Baca juga artikel kami lainnya: Sedia Durian Medan Sidikalang Pilihan
Jalan-Jalan ke Medan? Begini Cara Memilih Durian Medan yang Enak Jalan-Jalan ke Medan? Begini Cara Memilih Durian Medan yang Enak Reviewed by Marzuki Halim on November 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.