Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dicoba

Sebagai salah satu kota metropolitan, Medan juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer. Banyak tempat wisata unik yang terdapat di kota ini. Selain tempat wisata yang menarik, kota Medan juga punya banyak variasi oleh-oleh yang wajib dicicip sebelum pulang kembali ke kota asal. Idealnya oleh-oleh yang dipilih harus tahan dalam perjalanan dan mudah untuk dibagikan ke sodara atau teman kantor. Jogja punya gudek dan bakpia, Surabaya punya lapis Surabaya, Bali punya pie susu dan kacang asin, nah, berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Medan yang wajib banget buat dicoba.



Durian

Bisa dibilang kalau Medan merupakan sentra durian Medan enak. Di kota ini sangat mudah menemukan durian bahkan bila tidak sedang musim sekalipun. Durian Medan biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan yang mudah ditemukan. Buah ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan harga. Disini skill meneliti durian matang kamu diuji karena sayang banget sudah jauh-jauh ke Medan buat makan durian, ternyata duriannya masih mengkal. Durian Medan juga menjadi salah satu pilihan buah tangan yang diburu banyak orang. Kalau takut akan dicekal di bandara karena bau durian yang menyengat, kamu bisa memilih durian kupas yang praktis. Dengan cara ini daging durian akan dikemas dalam kotak yang rapat. Bila masih khawatir baunya masih menyengat, bisa menambahkan kopi atau daun pandan untuk menyamarkan bau.


Pancake durian

Kalau pengen coba makanan Medan yang kekinian tapi tidak jauh-jauh dari durian, kamu bisa coba pancake durian Medan. Makanan hits ini sekilas mirip dengan dadar gulung tapi rasanya jauh berbeda. Pancake durian terbuat dari kulit crepes tipis yang dibuat dari adonan tepung dan susu dan didadar secara tipis. Kemudian kulit pancake diisi dengan daging durian atau vla durian. Pancake durian ini memang dibuat tanpa menghilangkan rasa asli dari durian tersebut. Makanan ini cocok buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh durian Medan tapi enggak mau repot dengan kulitnya ataupun baunya yang menyengat. Pancake ini hanya tahan hingga 8 jam saja bila tidak diletakkan di luar kulkas, namun bisa bertahan hingga 6 bulan bila dibekukan di freezer.


Teri medan

Teri medan adalah kuliner khas Medan yang tidak boleh dilewatkan. Sekilas teri Medan memang terlihat sama dengan ikan teri pada umumnya, tapi kamu akan tahu rasanya berbeda dengan teri lain. Teri Medan umumnya berwarna putih dan bentuknya tidak pipih seperti teri kebanyakan. Jangan khawatir teri ini akan mengotori tas karena teri Medan dijual dalam dua jenis yaitu sudah dimasak dan mentah atau hanya dikeringkan saja. Teri ini biasa dimasak sebagai sambal atau diajdikan kering teri dengan kacang. Rasanya? Jangan ditanya lagi, sudah pasti lezat banget dan cocok menjadi teman makan. Meskipun teri Medan dijual dengan harga yang agak mahal, tapi rasanya kurang lengkap banget kalau enggak mencicipi.


Bika Ambon


Meskipun namanya bika Ambon, tapi kue ini terkenalnya dari Medan. Oleh-oleh khas Medan ini harus banget dicoba kalau kamu berkunjung ke Medan. Ada banyak toko kue yang menjual kue ini karena memang permintaan yang tinggi terutama dari luar Medan. Dari semua oleh-oleh khas, bisa jadi bika ambon ini menjadi salah satu yang paling dicari. Bika Ambon tersedia dalam berbagai varian rasa. Kue yang legit satu ini dibuat dari tepung tapioka, gula, telur, santan, dan air nira.

Demikian artikel tentang Oleh-Oleh Khas medan yang Wajib Dicoba ini kami tuliskan, semoga bermanfaat buat para pembaca dan para durian lovers dimanapun anda berada.

Baca juga artikel kami: Cara Memilih Buah Durian yang Enak 
Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dicoba Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dicoba Reviewed by Marzuki Halim on November 20, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.